Sabtu, 23 Februari 2019

Jerawat Tumbuh di Pantat, Apa Penyebabnya?

Jerawat berkembang di muka itu perihal yang biasa. Serta umumnya, sebabnya ialah keunggulan minyak atau tersumbatnya pori-pori oleh bakteri karena kebersihan muka yang tidak terbangun. Tetapi, bagaimana bila jerawat berkembang di pantat?


Baca Juga : obat kuat makassar

Walau tidak tampak oleh siapa juga, jerawat di pantat tentu saja akan membuat Kamu terasa tidak nyaman serta ngilu waktu duduk. Kenali apa sebabnya supaya Kamu bisa lebih siaga, hingga terlepas dari keadaan ini.

Kenapa dapat muncul jerawat di pantat?
Menurut dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter, wilayah pantat serta selangkangan adalah anggota badan yang gampang lembap sebab seringkali tertutup.

Ada bermacam aspek yang merubah kelembaban di wilayah pantat, misalnya kegiatan fisik serta badan yang bekeringat, berat tubuh berlebihan, suhu lingkungan, serta type celana yang tidak menyerap keringat. Kulit yang lembap adalah keadaan yang memberi dukungan tumbuhnya kuman serta jamur.

“Jerawat di pantat ini muncul sebab terdapatnya salah 1 infeksi bakteri, misalnya bakteri streptococcus serta staphylococcus.” jelas dr. Ega. Dlm bahasa kedokteran, keadaan ini dimaksud dgn furunkel yang umumnya berlangsung pada kulit yang kurang terbangun kebersihannya.

“Tapi tidak hanya sebab kurang bersih, furunkel dapat juga muncul karena masalah skema kebal badan.” dr. Ega memberikan.

Keadaan lainnya yang serupa dgn jerawat di pantat
Dikutip dari Very Well Health, jerawat yang ada di pantat bisa jadi bukan jerawat sungguhan. Ada banyak keadaan lainnya yang mirip, hingga Kamu berfikir jika hal itu ialah jerawat yang berkembang di pantat, diantaranya ialah folikulitis.

Keadaan ini sebetulnya umum berlangsung serta dikarenakan oleh folikel rambut yang meradang. Pada intinya, Kamu mempunyai rambut di sebagian besar ruang kulit, termasuk juga pantat. Saat folikel itu teriritasi, dia bisa menjadi merah, membengkak, serta ujungnya berwarna putih, hingga folikulitis sering diduga jerawat.

Tonjolan folikulitis ini kadang gatal serta menyakitkan, ditambah lagi jika Kamu tengah duduk. Iritasi pada folikel rambut juga bisa dikarenakan oleh gesekan baju atau celanan yang sangat ketat. Oleh karenanya, Kamu dianjurkan tidak untuk seringkali kenakan celana yang sangat ketat.

Tidak hanya sebab gesekan baju ketat, teritasinya folikel rambut dapat juga dipacu oleh bakteri yang biasanya ada di bak mandi atau kolam yang tidak tertangani dgn baik.



Panduan menangani jerawat di pantat
Diambil dari Very Well Health, Kamu dapat menyembuhkan jerawat di pantat dgn salep atau sabun jerawat yang memiliki kandungan benzoyl peroksida. Dlm masalah infeksi yang kronis, antibiotik topikal atau antibiotik oral bisa jadi dibutuhkan, hingga Kamu harus mengonsultasikan keadaan itu ke ahli kesehatan.

Diluar itu, dr. Ega pun merekomendasikan selangkah di bawah ini supaya jerawat itu tidak makin kronis serta tidak berkembang kembali:

Membersihkan selangkangan serta pantat sehari-hari, lalu keringkan dgn handuk bersih. Kamu dapat kenakan celana waktu keadaan kulit telah betul-betul kering.
Ubah celana sehari-hari.
Jauhi memakai handuk bersama dgn orang yang lain, serta cuci handuk sekerap bisa jadi.
Jauhi memakai celana yang sangat ketat.
Turunkan berat tubuh. Seorang dgn berat tubuh berlebihan mempunyai resiko terserang infeksi jamur yang tambah tinggi.
Selekasnya mandi sesudah beraktivitas fisik yang membuat Kamu berkeringat.
Waktu Kamu alami jerawat di pantat, ngilu, gatal, serta kesusahan duduk, semestinya janganlah tergoda untuk menggaruk ditambah lagi memecahkannya. Sebab hal itu malah dapat jadi memperburuk infeksi. Selekasnya obati serta tetap jagalah kebersihan badan supaya jerawat tidak tampil kembali. Jika jerawat telah sangat mengganggu, selekasnya kontrol keadaan Kamu ke ahli kesehatan untuk memperoleh perlakuan yang pas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar